LaaTahzan

July 3, 2010

Jiwa yang Mati (brasa judul lagu)

Filed under: Pengajian Rabu Ceria — Ka El @ 5:45 pm

Dirangkum oleh ehary dari kajian rutin rabu ceria LaaTahzan dibawah asuhan Ustad M. Rusli Malik, edisi Juni 23, 2010.

Hati manusia itu bisa mati mendahului tubuhnya. (hmm…jadi inget zombie). Siapakah mereka yang mati hati-nya? Mereka yang tertutup hatinya terhadap kebenaran. Mereka yang tidak lagi terbuka untuk hal-hal yang bersifat transcendental, tidak lagi tertarik melakukan ibadah, tidak lagi tertarik terhadap kebaikan social (beramal saleh) dan hidupnya hanya di dasarkan pada dunia; disibukkan oleh urusan dunia, dan segala sesuatu tujuan hidupnya serta-merta hanya “melulu” soal dunia.

Para nabi&rasul di utus ke dunia, untuk menghidupkan kembali “jiwa-jiwa yg mati”. Karena para nabi&rasul itu membawa risalah, sedemikian membawa cahaya dan menerangi, bahkan menghidupkan kembali jiwa-jiwa yang telah mati. Seperti apa jiwa yang mati? Mereka yang menganggap diri nya besar (contoh mereka yang merasa besar karena harta benda nya, sombong karena pendidikannya, karena kuasa nya, karena pangkat dan jabatannya dan dalam skala besar; Negara yang merasa berkuasa atas Negara lain).

Kekuatan manusia terletak pada merasa lemahnya di hadapan Allah. Dan kelemahan manusia terletak pada merasa kuatnya dia di hadapan Allah. Tawakkal. Adalah kunci dimana penyerahan diri seutuhnya kepada allah (la haula wala quwwata illa billah). Karena apa? Kembali, manusia itu tidak ada apa-apanya. Seluas dan setinggi-tinggi ilmu manusia, tetap Allah yang maha mengetahui dan maha menguasai ilmu.

Kalo kita menilik kecelakaan di gulf of mexico yang terjadi di BP, kita bisa melihat betapa manusia sudah berusaha, menerapkan safety operation di offshore oil operation untuk sebuah perusahaan sekaliber internasional seperti BP, tetap saja manusia bisa teledor menyebabkan musibah terjadi. Dan lihat betapa manusia tidak mampu melakukan apa-apa, dengan efek yang luar biasa besar. Bisa dilihat betapa manusia ini terlampau sangat tidak pantas untuk bersombong diri.

Kalo kita berhasil melakukan segala sesuatu, dan dipandang orang hebat, atau berprestasi, ingat itu serta merta adalah berkat petunjuk Allah, dan kuasa Allah.

Lantas orang-orang seperti apakah yang mendapat petunjuk Allah (tentu atas kehendak Allah)? Dalam surat al-an’aam 125 dijelaskan, bahwa salah satu ciri-nya adalah “..Allah melapangkan dadanya untuk islam..”; Untuk menuntut agama, mengamalkan agama islam, kenapa? Karena islam adalah inti sari dan kunci bagaimana kita bisa menjalankan kehidupan. Dan ciri yang lain, karena lapang dada-nya, biasanya akalnya pun akurat dan jalan, kapabilitas intelektualnya pun meningkat, sedemikian dia pun biasanya argumentatif.

Lantas bagaimana orang-orang yg tidak mendapat petunjuk Allah? Dijelaskan disitu “…Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit..”; (karena semakin tinggi ke langit oksigen semakin tipis, sesak dan sempit napas kita tanpa oksigen..seperti itulah orang-orang yg sesat).

Selamat menjadi jiwa yang hidup dan selamat belajar melapangkan dada, membuka hati, dan senantiasa semangat mempelajari islam, karena apa? Karena kita tidak mau merasa sesak dan sempit, dan karena petunjuk Allah itu teramat sangat kita butuhkan.

3 Comments »

  1. Terima kasih atas rangkumannya…..sangat bermanfaat, khususnya buat yg udah lama absen dari LaTahzan seperti saya.

    Comment by desahnafas — August 8, 2010 @ 4:48 pm | Reply

  2. desahnafas ini siapa? Ismi kah?..maaf kalo bukan..cuma menebak dari icon kecil nya..Wah..alhamdulillah kalo bermanfaat..Iya nih rangkuman yg lain belum sempet buat. Makasih feedback positive nya (lgsng jd semangat bikin rangkuman hehe)

    Comment by Elin — August 11, 2010 @ 6:32 am | Reply

    • alhamdulillah tebakannya betul. Aku baru belajar bikin blog nih, Lin!

      Comment by desahnafas — August 12, 2010 @ 8:57 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: