LaaTahzan

January 11, 2007

Hadist Arbain : Ikhlas dan Niat

Filed under: Hadist — laatahzan @ 7:38 pm

Hadits Arbain Adalah hadits-hadits yang dirangkum dari sekian banyak hadits shahih oleh Imam Nawawi yang di dalamnya memuat aplikasi2 praktis yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdiri dari 42 hadits, yang Insya Allah akan kami kirimkan secara berkala.

Hadits 1: Ikhlash/ Niat

Dari Amirul Mukminin Abi Hafs Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu: Aku mendengar Rasulullah Shallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mndapatkan sesuai apa yang diniatkan, barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa hijrahnya karena dunia yang akan didapatkan atau wanita yang akan dinikahi maka hijrahnya sesuai dengan apa yang dia niatkan. (HR. Bukhari Muslim)

Syarah/ penjelasan:
Hadits ini telah disepakati keshahihannya, juga telah disepakati derajat kedudukan hadits ini dalam Islam. Hadits ini sangat banyak faedahnya. Diriwayatkan oleh Abu Abdillah Al Bukhari dalam banyak tempat di kitabnya, dan Imam Abul Hasan Muslim bin Hajjaj meriwayatkan di akhir bab jihad. Hadits ini merupakan salah satu sumber ajaran Islam. Imam Syafi’i dan Imam Ahmad berkata: Telah ada dalam hadits ini sepertiga ilmu, ucapan ini diriwayatkan oleh Bukhari dan lainnya, sebabnya dikatakan demikian adalah karena perbuatan hamba terjadi dengan hati, lisan, dan anggota badannya. Dan niat adalah salah satu dari tiga bagian ini. Juga telah diriwayatkan bahwa Imam Syafi’i pernah berkata: :Hadits ini masuk dalam tujuh puluh bab masalah fiqih. Sekelompok ulama ada yang berkata: Hadits ini sepertiga ilmu.

Hadits ini muncul karena ada seorang yang hijrah dari Mekkah ke Madinah untuk menikahi seorang wanita yang bernama Ummu Qais, dia tidak menginginkan keutamaan hijrah, hingga diapun dijuluki muhajir ummu Qais (hijrah karena Ummu Qais)
wallahu a’lam.

Dikutip dari:Terjemah Syarah Arba’in an Nawawi (1-20)’, Ibnu Daqiqil ‘Ied. Penerbit: Al Mubarak, Cileungsi, Cet.I, Dzul Qa’dah 1420 H/ Februari 2000 M, hal.10-16

Irwandi – Oshi

2 Comments »

  1. saya print tulisannya..

    syukron jazilan..

    Comment by arinkusayang — September 5, 2007 @ 2:40 am | Reply

  2. Wow, marvelous blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is great, as well as the content! aegddegcgbck

    Comment by Johnb695 — May 20, 2014 @ 11:54 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: